Home Design Inspirasi Restoran Berkonsep Negeri Gajah Putih Di NAM Thai Kitchen & Bar

Restoran Berkonsep Negeri Gajah Putih Di NAM Thai Kitchen & Bar

0
0

Bukan hanya dikenal sebagai negara dengan budaya belanja murah, juga sangat kental akan budaya seperti halnya negara Indonesia, Thailand juga ikut dikagumi oleh kalangan mancanegara. Bahkan oleh resto berikut ini tak hanya menyajikan makanan khas Gajah Putih, tetapi beragam unsur negara tersebut ikut dihadirkan lewat interiornya. Menurut Einstein sang desainer interior restoran NAM ini memiliki konsep pekarangan dari sebuah rumah, jadi rumah trdisional Thailand, sehingga diharapkan saat pengunjung datang ke restoran ini kesan akan pekarangan rumah tropis Thailand yang sangat kental akan budayanya begitu terasa kuat.

Pengaplikasian unsur budaya Thailand terlihat dalam beberapa sudut pada area bar misalnya yang dibuat layaknya fasad hunian tradisional khas Thailand, Einstein menuturkan barnya sendiri merupakan bangunan tradisional Thailand dimana terdapat aksen 3 atap khas Thailand ditengah tengah bar yang menghadap ke dining area. Jadi saat orang makan serasa berada di outdoor bangunan Thailand itu sendiri. Tak hanya fasad berbentuk rumah, sang desainer juga membuat atap berbentuk payung tepat berada di ceiling tengah ruangan, penggunaan material kayu dipilih untuk mendapatkan kesan kuat sebagai negara tropis seperti Thailand.

Material serupa juga dijumpai pada penggunaan furniturenya. Ingin menghadirkan suasana yang santai sang desainer menghadirkan penggunaan furniture yang ringan dan modern. Hal ini bisa dilihat dari furniture yang digunakan dan sedikit menambahkan material metal pada mejanya agar keseluruhan desain terlihat catchy. Atau penggunaan material rotan pada kursi bagian luar yang membuat suasana makan layaknya seperti sedang berada di teras rumah sendiri.

Sementara di bagian dalam bisa mendapatkan kesan yang sedikit lebih formal dengan detail motif ukir yang apik dan pemilihan warna kursi yang tepat membuatnya tampak terkesan mewah. Nah unsur Thailand juga kembali dihadirkan misalnya dalam motif lantainya yaitu motif porcelain benjarong. FYI : benjarong secara harfiah berarti 5 warna yang dilukiskan diatas porcelain berbentuk geometris ataupun bunga. Tak ketinggalan ambience cantik khs Thailand juga dihadirkan dari lighting dengan menghadirkan warna gold. Bukan hanya dekorasi khas Thailand, penggunaan warna ungu sebagai identitas resto turut dihadirkan di beberapa sudut agar menarik perhatian.

Menurut sang desainer, warna ungu melambangkan kemewahan yang diambil terinspirasi dari warna kelopak bunga anggrek yang merupakan bunga tradisional khas dari Thailand. Agar semakin memperkuat unsur khas budaya negeri Siam, pada bagian dinding resto dihiasi juga lukisan mural dari cerita rakyat Thailand yang menceritakan tentang seseorang yang datang untuk berkumpul dan bercengkerama.